Sabtu, 20 Oktober 2012

BAHAYA RADIASI HANDPHONE

Bahaya-tidaknya radiasi dari telepon seluler masih simpang siur. Ada yang menyebutkan radiasi ponsel bisa memicu kanker dan ada pula yang menyatakan tidak ada dampak kesehatan dari radiasi tersebut.

Atas dasar itu Komisi Komunikasi Federal (Federal Communications Commission/FCC) akan menyelidiki tentang bahaya radiasi telepon seluler dan menelisik regulasi terkait dengan hal ini. Menurut Ketua FCC, Julius Genachowski, peraturan tentang pedoman ambang batas radiasi ponsel yang bisa ditoleransi sudah terlalu lama--dibuat pada 1996 atau 16 tahun lalu.

Sementara teknologi telekomunikasi seluler terus berkembang dan International Telecommunication Union (ITU) mencatat saat ini terdapat lebih dari 5 miliar pengguna ponsel dari sekitar 7 miliar penduduk Bumi.

"Kami ingin memberikan perlindungan kepada konsumen," kata Genachowski seperti dikutip dari situs teknologi PC World, Rabu, 20 Juni 2012.

Kendati tidak menutup kemungkinan peraturan tentang radiasi ponsel akan berubah atau tidak, ia menegaskan penyelidikan tersebut dimaksudkan demi keamanan pengguna telepon seluler.

Beberapa tahun belakangan silang pendapat tentang berbahaya-tidaknya radiasi ponsel mulai mengemuka. Pada Mei lalu Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan radiasi ponsel bisa menyebabkan kanker.

Adapun produsen telepon seluler mengatakan tidak ada risiko kesehatan yang serius dari radiasi tersebut.

Di San Francisco, beberapa toko penjual ponsel diminta memberikan lebel tingkat radiasi pada ponsel yang dijualnya. Mereka menyebutnya "Spesific Absorption Rate". Namun tidak jelas apakah aturan tersebut benar-benar dijalankan atau tidak.

Beberapa laporan ilmiah dan produsen ponsel menunjukkan tidak ada bukti konkret yang dapat menjawab kekhawatiran bahwa radiasi ponsel itu berbahaya. Meski ada petunjuk bahwa radiasi ini mempengaruhi gelombang otak, para peneliti tidak dapat membuktikan secara nyata apa dampak negatifnya pada kesehatan.

Pada tahun 2010, Food and Drug Administration semacam Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat menyatakan tidak ada risiko kesehatan dari penggunaan telepon seluler.


SUMBER: http://www.tempo.co/read/news/2012/06/20/072411857/Menimbang-Bahaya-Tidaknya-Radiasi-Ponsel

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda